Mar 13, 2017

Hyperloop Transportasi Darat Tercepat di Dunia Bakal di Realisasi

Belum lama ini sedang di kembangkan sebuah sistem transportasi darat yang nantinya akan menjadi alat transportasi tercepat di dunia, di kabarkan bahwa transportasi ini akan mampu mencapai kecepatan maksimal hingga 1.207 km/jam.

Transportasi yang mirip kereta super cepat ini di beri nama Hyperloop, alat transportasi ini dikatakan sangat efisien untuk di terapkan di suatu perkotaan.

Pengembangan dan realisasi teknologi Hyperloop ini rencananya akan di kerjakan oleh perusahaan yang berkantor pusat di Los Angeles yaitu Hyperloop One.

hyperloop kendaraan super cepat yang akan segera di realisasikan

Perusahaan tersebut milik Elon Musk milyader teknologi terkenal dimana sebelumnya dia telah memproduksi mobil listrik Tesla.

Bentuk dari Hyperloop sendiri mirip seperti teknologi dari kereta super cepat, perbedaannya hyperloop ini akan membawa penumpang dan juga kargo melalui sebuah tabung yang bertekanan rendah, dan juga transportasi ini di tenagai oleh listrik.

Dan menurut Elon Musk, dia menilai bahwa teknologi Hyperloop ini lebih murah, lebih cepat dan juga lebih efisien di bandingkan dengan proyek transportasi masa depan yang lainnya, dan benar saja ternyata proyek ini banyak mendapat dukungan, dan Hyperloop One baru saja mendapatkan pendanaan sebesar US$ 80 juta.

hyperloop kereta supercepat yang akan segera di realisasikan
Sedangkan CEO Hyperloop One yaitu Rob Lloyd menjanjikan pihaknya akan segera melakukan uji coba sistem hyperloop sebelum akhir tahun ini. Selanjutnya dia juga menepis kritik yang mengatakan kalau teknologinya tersebut sama sekali belum terbukti dan lebih mirip seperti fiksi sains.

"Ini adalah hal yang nyata dan kami juga akan mendemonstrasikan bagaimana perusahaan ini akan membuatnya menjadi kenyataan," katanya melalui Reuters.

Saat ini pihaknya juga sedang fokus untuk membangun hyperloop dengan biaya yang semurah mungkin. "Kami ingin menghantarkan semua hal yang bisa dilakukan oleh hyperloop, yaitu keamanan, efisensi dan juga kecepatan. Namun kami ingin melakukannya dengan ongkos yang transformatif," kata Brogan Bambrogan, salah seorang eksekutif Hyperloop One.

Hyperloop One juga menyatakan bahwa sistem hyperloop yang bisa beroperasi penuh mungkin akan hadir pada tahun 2020. 

Dan ternyata bukan hanya Hyperloop One yang kemudian akan mengembangkan teknologi semacam ini, ada pesaing lainnya  seperti Hyperloop Transportation Technologies.

hyperloop kereta tercepat dan tercanggih di dunia
image via inet.detik.com
Hyperloop Akan Hadir di Indonesia
Seperti di laporkan liputan6.com, di Indonesia melalui Kementrian Perhubungan menyatakan bahwa mereka telah menandatangani kerja sama dengan Mitra Hyperloop di Indonesia. dia adalah Hyperloop Transtek Indonesia, yaitu perusahaan yang di tunjuk untuk mengembangkan kereta super cepat ini.

Hyperloop ini juga diharapkan menjadi salah satu solusi untuk memecahkan masalah kemacetan yang terjadi di kota-kota besar di Indonesia

Selanjutnya perusahaan Hyperloop Transportation Technologies (HTT) kemudian menawarkan Hyperloop ke Indonesia. Jika memang nantinya bisa terealisasi, Indonesia otomatis akan menjadi negara pertama di Asia Tenggara yang akan memiliki sistem transportasi Hyperloop.

Adapun negara lain yang juga telah menandatangani proyek pengembangan Hyperloop yaitu Perancis, Republik Ceko, Slowakia, dan juga Uni Emirat Arab.

Meski nantinya akan transportasi ini mirip seperti ‘kereta’, Hyperloop tidak akan membuat skema transportasi melalui rel kereta. Ia akan mengusung bentuk tabung atau kapsul yang dapat mengangkut hingga mencapai 40 orang.

Sedangkan untuk landasan pacunya, akan ada stator aktif  yang dibangun ke trek dan bereaksi dengan magnet yang dibangun di dalam kapsul, sehingga mendorongnya melalui tabung tersebut.

Karena Hyperloop memiliki tekanan udara yang lebih rendah, hal ini berarti mampu meminimalisir gesekan yang akan memperlambat gerakan kapsul tersebut, dan koil stator tetap akan bergerak secara merata.

Hyperloop juga dapat memindahkan penumpang ataupun barang dalam hitungan waktu yang singkat. Bahkan, menurut perkiraan dari HTT, perjalanan dari Jakarta ke Bandung apabila menggunakan Hyperloop hanya memakan waktu selama 9 menit saja. Jakarta ke Yogyakarta akan ditempuh dalam waktu 25 menit saja.

Jika hal ini memang bisa terwujud, Hyperloop di sebut akan dapat menjadi mobilitas paling diprioritaskan karena memang sangat cepat dan juga irit waktu.


EmoticonEmoticon