Dec 27, 2016

5 Tempat Terkotor di Pesawat Terbang Yang Harus Anda Hindari

Banyak anggapan bahwa pesawat terbang merupakan salah satu alat transportasi yang cukup nyaman dan juga bersih, namun menurut penelitian di ketemukan hal hal yang cukup mengejutkan tentang tempat tempat di pesawat terbang yang pastinya harus anda hindari apabila perlu.

Dimana tempat penuh kuman di dalam pesawat terbang bisa jadi hanya berjarak beberapa inci  saja dari tempat Anda. Ketika sebuah tim dari ahli mikrobiologi baru-baru ini telah melakukan pemeriksaan di dalam bandara dan juga di dalam pesawat, mereka menemukan bahwa meja yang digunakan tempat makan penumpang jauh lebih kotor daripada toilet, benarkah demikian?.

1. Meja Tempat Makan
meja tempat makan di pesawat yang merupakan tempat terkotor


Ketika sebuah tim peneliti yang berasal dari University of Arizona menguji meja tempat makan di suatu pesawat terbang, dimana mereka menemukan 60% dari meja makan penumpang banyak mengandung bakteri jahat, termasuk di dalamnya adalah bakteri e-coli dan MRSA, dimana bakteri ini dapat berakibat fatal jika terkena. 


Sedangkan hanya sekitar 11% saja dari contoh yang diambil di kereta bawah tanah yang dapat menemukan bakteri tersebut.

Jane Wilson Howart yang juga seorang ahli kesehatan menyatakan bahwa meja tempat makan penuh bakteri tidak akan menjadi masalah, selama Anda dapat selalu memastikan bahwa alat makan yang anda digunakan bersih. 

Jika alat makan yang kemudian bersentuhan langsung dengan mulut Anda tersebut bersih, maka tidak ada alasan  bakteri dapat masuk ke dalam tubuh Anda.

2. Majalah di Dalam Pesawat
majalah di pesawat ternyata banyak menganduk virus dan bakteri

Membolak-balik majalah di dalam pesawat mungkin terlihat seperti kegiatan yang tidak berbahaya untuk melewatkan waktu di dalam perjalanan, namun ternyata para peneliti telah mengatakan bahwa itu adalah cara untuk berinteraksi dengan bakteri dan juga virus.

Para ahli yang berasal dari Drexel Medicine, Philadelphia Drexel University College of Medicine, menunjukkan bahwa kemungkinan ratusan orang telah bersentuhan langsung dengan majalah yang sangat jarang sekali diganti ini.  Dan Satu-satunya waktu untuk membersihkan majalah ini adalah pada saat ada publikasi umum.  Dan sebaiknya Anda mulai menghindari untuk bersentuhan dengan majalah-majalah ini mulai sekarang.

3. Selimut dan Juga Bantal di Pesawat
selimut dan bantal di pesawat ternyata berbahaya

Seorang pramugari yang berasal dari maskapai penerbangan yang meminta namanya dirahasiakan menyatakan, bahwa selimut dan juga bantal yang disediakan dari pesawat tidak selalu dicuci dan di jaga kebersihannya, walaupun Anda menerimanya dalam keadaan terbungkus rapi dengan plastik.

Selain itu dia juga mengatakan bahwa satu-satunya yang pernah dia lihat bersih adalah selimut dan juga bantal yang di sediakan pada penerbangan pertama di pagi hari. Dan Sisanya biasanya para awak kabin hanya melihat dan juga memasukkan kembali ke dalam plastik.

Sebuah penyelidikan dari Wall Street Journal pada tahun 2007 mengatakan bahwa, di dalam sebuah maskapai penerbangan biasanya mereka membersihkan selimut setiap 5 sampai 30 hari sekali, yaitu saat mereka merasa itu perlu untuk dibersihkan.

4. Toilet di Pesawat
toilet di pesawat banyak menyimpan bakteri berbahaya

Tidak mengherankan bahwa kamar mandi merupakan surga bagi kuman dan juga bakteri jahat, namun Anda juga harus memahami di mana titik-titik terburuk dari semua tempat tersebut, tempat tersebut seperti tombol flush WC.

Solusi yang dapat diberikan oleh Jane adalah untuk selalu mencuci tangan anda dengan air dan juga sabun, dan tidak hanya mengandalkan produk gel anti bakteri saja, karena sebenarnya gel anti bakteri tidak bekerja sebaik sabun dan juga air.

5. Wastafel di Pesawat
wastafel di pesawat yang mengandung banyak bakteri dan virus

Dalam sebuah studi menunjukkan bahwa, wastafel adalah tempat sarang terbesar kedua bagi kuman dan juta virus, setelah meja tempat makan. Para peneliti setidaknya telah  menemukan 1.240 bakteri pada setiap inci dari wastafel di pesawat terbang.


EmoticonEmoticon