Dec 27, 2016

Daftar 6 Benda Yang Ternyata Lebih Kotor dan Jorok dari Toilet

Banyak orang yang beranggapan bahwa permukaan pada tempat duduk toilet merupakan salah satu benda yang banyak dianggap orang merupakan salah satu tempat yang paling jorok dan tidak higeinis, anggapan tersebut tentunya sangat beralasan dan juga masuk akal.  Namun ternyata menurut beberapa penelitian ada beberapa benda yang lebih jorok dari dudukan toilet tersebut.

Seperti yang dikutip dari Times of India, pada Senin (5/12/2016), berikut beberapa permukaan benda yang ternyata lebih jorok daripada tempat duduk toilet.

1. Layar Handphone/Ponsel
layar ponsel ternyata lebih jorok dan lebih banyak mengandung virus di banding toilet


Handphone yang biasa anda gunakan sehari hari dan anda juga menggunakannya pada berbagai situasi, seperti di tempat tidur, pada saat ketika makan, ataupun ketika dalam perjalanan, bahkan Anda juga seringkali membawanya ketika Anda pergi ke toilet, walaupun Anda tahu bahwa hal tersebut kurang baik. Dan hal tersebutlah yang menyebabkan jika ponsel Anda dipenuhi dengan kuman dan juga bakteri.

Rata-rata layar pada sebuah ponsel memiliki bakteri 10 kali lebih banyak dari pada dudukan toilet yang biasa di pakai, dan menurut sebuah studi dari University of Arizona. Bahkan 16% dari seluruh ponsel ternyata memiliki jejak materi dari feses.

Sebuah studi yang cukup mengejutkan mengungkapkan bahwa 9 dari 10 ponsel memiliki kuman yang pembawa penyakit. Dan untuk menghindarinya hal tersebut, sering-seringlah anda untuk membesihkan ponsel Anda.

2. Gagang Pintu
gagang pintu ternyata memiliki virus lebih banyak dibanding toilet

Gagang pintu kerap sering kali disentuh oleh banyak tangan, dan benda ini ternyata dianggap sebagai bagian terkotor yang ada di sekitar  manusia. Dalam suatu penelitian yang dilakukan, bahwa satu virus setidaknya telah diletakkan di gagang pintu sebuah kantor pada satu orang. 

Dan juga Hasil studi menemukan bahwa 60 persen orang dalam kantor tersebut pasti akan  terkena virus yang menempel pada gagang pintu tersebut.

3. Keyboard Komputer/Laptop
keyboard memiliki lebih banyak virus di banding toilet

Menurut suatu studi dan penelitian keyboard banyak sekali menyimpan virus, virus tersebut diperkirakan hingga lima kali lebih banyak dari  kuman yang ada pada dudukan toilet.  Tanpa disadari sama sekali oleh anda, secara tidak langsung Anda telah menyebarkan kuman dan juga bakteri setiap kali Anda menyentuh keyboard komputer anda.

Cara agar keyboard anda tepat bersih, putar keyboard anda menghadap ke bawah agar kotoran bisa terjatuh, atau gunakan cairan desinfektan untuk membersihkan virus dan  kuman yang tersisa.

4. Kran Wastafel
keran wastafel banyak mengandung virus dan bakteri dibanding toilet

Pada saat ketika Anda keluar dari toilet, hal pertama yang biasa Anda sentuh adalah keran wastafel. Jadi tidak heran jika benda tersebut dipenuhi oleh virus dan juga kuman. Sebuah studi menemukan bahwa, keran wastafel di toilet ternyata memiliki bakteri hingga 21 kali lebih banyak dari pada dudukan sebuah toilet.

Selain itu Keran dapur bahkan lebih buruk lagi, dengan banyaknya bakteri dari makanan yang bercampur. Keran dapur setidaknya bisa memiliki bakteri hingga 44 kali lebih banyak daripada dudukan sebuah toilet

5. Tas Tangan/Jinjing
tas tangan ternyata memiliki banyak virus dan bakteri di banding toilet

Sama seperti ponsel dan smartphone para wanita sering kali membawa tas mereka kemanapun mereka pergi dan juga  menaruhnya di sembarang tempat. Dalam sebuah studi menunjukkan bahwa satu dari 5 tas tangan memiliki banyak bakteri yang cukup untuk memberikan resiko terhadap serangan berbagai penyakit.

Tas kulit ternyata memiliki resiko yang lebih buruk karena teksturnya yang berpori, hal ini menjadi lingkungan yang sempurna untuk perkembangan bakteri.

6. Stir/Kemudi Mobil
stir dan kemudi mobil merupakan tempat terjorok dibanding toilet

Rata-rata di dalam sebuah kemudi mobil setidaknya memiliki hingga 700 bakteri pada setiap inci perseginya. Anda mungkin tidak mengiranya sama sekali, namun mobil Anda sebenarnya secara tidak sadar telah membiakkan berbagai macam tipe kuman dan juga virus. 

Pada saat Anda menggunakan ATM, trolley belanja, atau pun bersin dan kemudian setelah itu anda akan menyentuh kemudi mobil. Hal inilah yang membuatnya menjadi salah satu tempat tertinggi dan banyak bakteri berkembang biak.


EmoticonEmoticon