Oct 24, 2016

Inilah Daftar Koleksi Perangko Termahal di Dunia

Seperti kita ketahui bahwa perangko merupakan salah satu alat atau bukti pembayaran jasa layanan pos seperti surat, perangko ini biasa di tempelkan pada salah satu sudut dari amplop, kartu pos atau benda pos lainnya sebelum di kirim.  Para kolektor ataupun pengumpul perangko biasa di sebut sebagai Filatelis.

Harga dari perangko umumnya bervariasi dan tentu nya harganya tidak terlalu mahal dan hanya beberapa ribu rupiah saja, namun koleksi perangko berikut ini merupakan perangko dengan harga paling fantasis, harga dari perangko ini mencapai milyaran rupiah, tentunya sebagai seorang kolektor perangko bisa menilai mengapa harganya bisa sangat tinggi sekali, tentunya hal utamanya adalah karena kelangkaan dan usia dari prangko tersebut.

Perangko perangko apa saja yang tercatat sebagai perangko termahal dan ter-eksklusif di dunia, berikut beritanya disini.


Perangko Treskilling Yellow
Prangko Treskilling Yellow prangko termahal di dunia

Treskilling Yellow adalah prangko yang tercatat sebagai salah satu prangko termahal di dunia, prangko ini merupakan prangko yang dibuat tahun 1855 di Swedia, kelangkaan, keunikan dan juga usia prangko ini yang membuat harganya sangat fantastis.  Prangko ini pada tahun 1984 berhasil terjual dengan harga 977.500 Swiss Francs yang di beli oleh seorang kolektor bernama David Feldman.

Dan selanjutnya pada tahun 1990 nilai dari harga prangko ini dalam suatu lelang mencapai angka yang sangat fantastis yaitu berharga 1 juta Dollar Amerika, dan terakhir prangko ini berharga 2,3 Juta Dollar Amerika pada tahun 1996 atau sekitar 29.9 Milyar Rupiah, dan di perkirakan harga dari prangko ini dari tahun ke tahun akan terus meningkat.

Peranko Mauritius "Post Office"
Pranko Mauritius "Post Office" pranko termahal di dunia
Pranko Mauritius "Post Office" pranko termahal di dunia

Mauritius "Post Office" adalah perangko yang di keluarkan dan diterbitkan oleh British Colony Mauritius pada bulan September tahu 1847.  Prangko ini merupakan prangko dengan terbitan dua versi, yang satu berwarna orange (One Penny) dan yang satu lagi berwarna biru tua (Two Pence).  Nama prangko ini diambil dari kata kata yang tertulis di prangko tersebut yaitu "Post Office Mauritius".

Pranko ini di desain oleh Joseph Osmond Bernard yang lahir di Inggris pada tahun 1816, setelah di desain prangko ini kemudian di simpan di sebuah kapal di Mauritius pada tahun 1838, kemudian pranko ini di rilis pertama kali pada tahun 1841, dengan profil dari kepala dan wajah Ratu Victoria, dan kemudian di terbitkan dalam 2 versi warna yang berbeda, yaitu berwarna orange dan juga biru.

Peranko ini pada tahun 1993 di lelang oleh David Feldman, awalnya pranko ini merupakan milik dari seorang kolektor pranko asal Jepang yaitu Hiroyuki Kanai. Dalam lelang tersebut pranko yang berwarna orange berhasil terjual dengan harga 1,1 Juta dolar Amerika, atau sekitar 13 Milyar Rupiah, dan pranko yang berwarna biru terjual dengan harga 1,2 Juta Dolar Amerika atau sekitar 15,6 Milyar Rupiah.

Peranko Inverted Jenny
Pranko Inverted Jenny pranko salah cetak paling mahal di dunia

Pranko ini di kenal dengan nama Inverted Jenny atau Upside Down Jenny ataupun Jenny Invert, adalah prangko pertama yang di keluarkan oleh Amerika Serikat pada 10 Mei 1918, dimana pranko ini bergambar pesawat Curtis JN-4 yang secara tidak sengaja tercetak terbalik, dan prangko ini merupakan kesalahan yang paling terkenal dalam dunia Filateli di Amerika Serikat.

Dalam cetakan pranko yang salah ini hanya terdapat 100 pranko saja, dan kemudian peranko ini menjadi salah satu peranko salah cetak yang paling mahal di dunia.

Dalam suatu lelang pada bulan Oktober 2005 satu set blok prangko yang terdiri dari beberapa pranko Inverted Jenny berhasil terjual oleh Robert A Siegel dengan harga 2,7 Juta Dollar Amerika.  

Dan pada bulan Noverber 2007 prangko ini tercatat terjual dengan harga 977.500 Dollar Amerika atau sekitar 12,7 Miliyar Rupiah, dan terakhir prangko Inverted Jenny salah cetak ini yang belum terpakai dengan kondisi pranko yang sangat baik terjual seharga 825.000 Dollar Amerika atau sekitar 10,7 Milyar Rupiah oleh seorang kolektor eksekutif dari Wall Street.

Peranko British Guiana 1c Magenta
Peranko British Guiana 1c Magenta perangko paling mahal di dunia
Peranko British Guiana 1c Magenta perangko paling mahal di dunia

Perangko The British Guiana 1c magenta di anggap oleh banyak kolektor filatelis sebagai perangko paling langka yang sangat terkenal di dunia.  Peranko ini di keluarkan dalam jumlah yang sangat terbatas di British Guyana pada tahun 1865, dan konon kabarnya saat ini hanya tersisa satu spesimen yang bisa di temukan di dunia, dan perangko ini merupakan satu satunya perangko yang pernah di keluarkan dan tidak terwakili oleh Royal Philatelic Collection Inggris.

Perangko ini di cetak dengan menggunakan tinta hitam di atas kertas magenta, dalam perangko ini tergambar sebuah kapal yang berlayar bersama, selain itu bertuliskan moto latin "Damus Petimus Que Vicissim" yang berarti "Kami Memberikan dan Mengharapkan Imbalan".

Dan yang paling fantastis dari perangko ini adalah harga yang berhasil terjual, dimana pada 17 Juni 2014 perangko ini berhasil di beli oleh Stuart Weitzman dengan harga 9,48 Juta Dollar atau sekitar 123,3 Milyar Rupiah, dan perangko ini berhasil memecahkan rekor dunia sebagai perangko dengan harga paling mahal di dunia

Perangko Z-Grill

perangko Perangko Z-Grill perangko termahal di dunia

Perangko Benjamin Franklin Z Grill, atau biasa di sebut "Z-Grill", adalah perangko 1 sen yang pernah di keluarkan oleh US Postal Service pada bulan Februari 1868.  Perangko ini bergambar Benjamin Franklin.  Perangko ini merupakan perangko 1 sen yang di desain pada sekitar tahun 1860-an

Perangko 1 sen Z-Grill di sebut sebagai perangko yang paling langka dan paling berharga dari semua perangko Amerika Serikat.  Pada tahun 1988 perangko ini terjual seharga 930.000 Dollar Ameika, atau setara dengan 12 Milyar Rupiah.


Perangko Hawaiian "Missionaries"
Perangko Hawaiian "Missionaries" prangko paling mahal di dunia

Perangko Hawaiian "Missionaries" adalah perangko pertama yang pernah di keluarkan oleh kerajaan Hawaii, dimana prangko ini di terbitkan pada tahun 1851, perangko ini kemudian di kenal dengan sebutan "Missionaries", karena perangko ini pertama kali di temukan dan digunakan untuk korespondensi orang orang Misionaris yang saat itu bekerja di kepulauan Hawaii.

Sebagian kecil dari perangko perangko ini tetap bertahan hingga saat ini, dan termasuk kedalam salah satu perangko paling langka dan paling mahal di dunia.

Perangko ini dihargai seharga 760,000 Dollar Amerika dimana kondisi perangko ini belum terpadan, dan perangko yang telah di gunakan di hargai dengan $225,000 Dollar Amerika.


Perangko Penny Black
Perangko Penny Black perangko termahal di dunia

The Penny Black adalah perangko pertama di Dunia yang di gunakan oleh sistem pos publik, perangko ini pertama kali di keluarkan di Britania Raya pada tanggal 1 Mei 1840, perangko ini bergambar foto dari Ratu Victoria.

Sejarah dari terbitnya perangko ini di mulai pada tahun 1837 dimana untuk menyederhanakan dan juga mempermurah tarif yang di bebankan untuk pengiriman barang barang pos.  Kemudin Sir Rowland mengusulkan penggunakan perangko ini untuk pembayaran ongkos kirim.  Dimana perangko ini di perbolehkan digunakan untuk penggiriman surat dengan berat tidak lebih dari 14 gram, dimana tarif yang di bebankan sebesar 1 sen dan tidak terlepas dari jarak yang di tempuh.

Karena perangko yang cukup bersejarah ini, maka tak heran apabila para kolektor perangko sangat menginginkan perangko ini,

Perlembar perangko dari Penny Black yang belum terpakai menurut katalog dari Scott pada tahun 2001 di hargai dengan 3000 dollar amerika, dan perangko yang pernah di pakai seharga 180 Dolar amerika.


EmoticonEmoticon