Jul 12, 2016

Jenis Fobia Paling Aneh dan Paling Unik di Dunia

Fobia adalah (gangguan anxietas fobik) adalah rasa ketakutan yang berlebihan pada sesuatu hal atau fenomena. Fobia bisa dikatakan dapat menghambat kehidupan orang yang mengidapnya. Bagi sebagian orang, perasaan takut seorang pengidap fobia sulit dimengerti. 
Sementara di bayangan mental seorang pengidap fobia, melihat suatu subjek tersebut menjadi benda yang sangat besar, berwarna, sangat menjijikkan ataupun menakutkan.
Dalam keadaan normal setiap orang memiliki kemampuan mengendalikan rasa takut. Akan tetapi bila seseorang terpapar terus menerus dengan subjek Fobia, hal tersebut berpotensi menyebabkan terjadinya fiksasi. 
Fiksasi adalah suatu keadaan di mana mental seseorang menjadi terkunci, yang disebabkan oleh ketidak-mampuan orang yang bersangkutan dalam mengendalikan perasaan takutnya. Penyebab lain terjadinya fiksasi dapat pula disebabkan oleh suatu keadaan yang sangat ekstrem seperti trauma bom, terjebak lift dan sebagainya.
Hingga saat ini tercatat 500 jenis fobia, mulai dari yang paling banyak dialami hingga yang paling langka. Lantas, Jenis Jenis Fobia Apa saja yang pernah di alami oleh seorang manusia, berikut daftarnya

Fobia Hewan
fobia hewan ketakutan akan hewan
image source : futuready.com
Ada tiga jenis makhluk hidup di dunia ini, manusia, hewan, dan tumbuhan. Hidup berdampingan dengan hewan dan tumbuhan adalah salah satu hal yang tak bisa dihindari oleh manusia. Namun hewan ternyata juga bisa memicu fobia dan ketakutan pada manusia.

Di seluruh dunia, ketakutan atau fobia pada hewan menduduki peringkat pertama. Sekitar 50 persen fobia adalah fobia terhadap hewan, seperti serangga, ular, atau burung.

Fobia Ketinggian
fobia ketinggian takut dalam situasi yang tinggi
image source : informasitips.com
Tak semua orang suka berada di ketinggian. Bisa jadi karena mereka pernah jatuh dari ketinggian atau hal lainnya. Ketakutan dan fobia pada ketinggian menduduki peringkat kedua. Sekitar 48 persen orang mengaku takut pada ketinggian atau berada di tempat-tempat yang tinggi.

Fobia Ruangan sempit
fobia dengan ruangan sempit
image source : grizzly96.blogspot.co.id
Ruangan sempit memang membuat tidak nyaman. Namun ada banyak orang yang tak suka ruangan sempit secara berlebihan karena mereka memiliki fobia terhadap ruangan atau disebut Claustrophobia.

Tercatat sekitar 38 persen orang memiliki fobia dan membenci tempat-tempat sempit seperti terowongan, gua, elevator, lift, dan lainnya.

Fobia Terbang
fobia takut akan terbang saat naik pesawat
image source : travel.detik.com
Perjalanan udara memang tak selalu membuat orang nyaman. Sekitar 31 persen orang mengaku memiliki fobia terbang atau melakukan perjalanan udara, seperti naik pesawat terbang. Hal ini bisa dipicu oleh ketakutan mereka jika pesawat jatuh atau penyebab lainnya.

Fobia Air
fobia dengan air
image source : indotheta.com
Air adalah salah satu hal yang dibutuhkan oleh manusia. Namun ada juga orang yang takut dan mengalami fobia dengan air dalam tempat terbuka, seperti di laut, danau, air terjun, atau lainnya. Diketahui bahwa 26 persen orang mengalami fobia pada hal-hal tersebut.

Fobia Dokter gigi
fobia dokter gigi
image source : artikeldokter.com
Mengunjungi dokter gigi enam bulan sekali adalah hal yang baik dilakukan untuk menjaga kesehatan gigi. Namun sekitar 25 persen orang mengaku tak akan pernah pergi ke dokter gigi karena takut atau fobia terhadap dokter gigi.

Fobia Darah
fobia darah orang yang takut dengan darah
image source : health.detik.com
Melihat darah memang suatu hal yang menakutkan, terutama jika darah tersebut berasal dari tubuh kita sendiri. Sekitar 22 persen orang mengaku ketakutan dan bisa pingsan jika mereka melihat darah.

Fobia Cuaca buruk

fobia dengan cuaca buruk
Cuaca buruk memang menyebalkan, dan bisa membuat banyak orang marah. Namun bagi 21 persen orang, cuaca buruk bukanlah hal sepele. Mereka bisa merasa takut yang berlebihan, bahkan panik ketika mendapati cuaca buruk seperti petir atau hujan badai.

Fobia Keramaian
fobia keramaian orang yang takut dengan keramaian
image source : pondokperubahan.com
Berada di keramaian bisa membuat orang tak nyaman. terutama untuk orang-orang yang lebih suka tempat sepi. Namun ada juga orang yang benar-benar takut, bahkan fobia dengan keramaian. Sekitar 17 persen orang akan merasa panik karena fobia ketika berada di keramaian.

Fobia Rumah sakit
fobia rumah sakit orang yang takut datang ke rumah sakit

Tentu semua orang tak ingin mendatangi rumah sakit, terutama jika mereka yang harus dirawat di sana. Namun bagi 15 persen orang, rumah sakit bukan hanya tak menyenangkan, namun juga menakutkan, bahkan mengerikan. Fobia rumah sakit ada di posisi 10 yang paling banyak dialami.

Stasibasiphobia
Stasibasiphobia adalah Fobia atau ketakutan untuk melakukan apapun dalam kehidupan. Seseorang yang mengalami stasibasiphobia, maka dia akan mengalami ketakutan ketika ada orang lain di dekatnya.

Fobia Social
Social Phobia adalah Fobia atau ketakutan untuk menjalin hubungan dengan orang lain. Mayoritas penderita dari social phobia akan mengisolasikan diri dari masyarakat sosial. Dia juga memiliki masalah ketika harus berada di tengah banyak orang atau ketika harus berbicara panjang lebar di hadapan khalayak ramai.

Domatophobia
Domatophobia adalah Fobia atau ketakutan untuk berada atau tinggal di dalam rumah. Rata-rata pengidap phobia satu ini akan lebih suka hidup dan menetap di gua atau tempat yang tidak lazim, contohnya kandang ayam!

Nyctophobia dan photohobia
Nyctophobia dan photohobia adalah dua jenis fobia yang berkaitan dengan cahaya. Apabila nyctophobia adalah ketakutan terhadap kegelapan malam, photohobia adalah kebalikannya yaitu takut akan cahaya yang terang.

Urophobia
Urophobia adalah jenis fobia atau ketakutan yang dapat mengakibatkan penyakit. Disebut begitu karena penderitanya memiliki ketakutan untuk buang air kecil. Seseorang yang menderita phobia jenis ini akan mencari cara lain untuk melepaskan hasrat alaminya tersebut, contohnya melalui bantuan medis.

Phagophobia
Phagophobia adalah Fobia atauketakutan seseorang untuk makan. Rata-rata penderita phobia ini akan lebih nyaman mendapatkan asupan makanan dan gizi dengan menggunakan infus.

Somniphobia
Somniphobia adalah Fobia atau ketakutan seseorang untuk memejamkan mata alias tidur. Phobia satu ini tergolong berbahaya karena dengan tidak mau tidur, maka kesehatan akan terganggu dan tubuh pun tak memperoleh kesempatan untuk memulihkan energi.

Lalophobia
Lalophobia adalah jenis Fobia atau ketakutan yang tergolong aneh. Seseorang penderita lalophobia akan takut untuk berbicara. Rata-rata penderita phobia satu ini akan kesulitan untuk berada di tengah-tengah masyarakat atau orang banyak.

Vestiphobia
Vestiphobia adalah ketakutan seseorang untuk mengenakan pakaian. Pada umumnya, orang-orang yang mengidap phobia satu ini akan lebih suka mengenakan pakaian yang super longgar atau juga bahkan tidak mengenakannya sama sekali alias telanjang.

Venustraphobia
Venustraphobia adalah jenis ketakutan akan wanita cantik. Memang terkesan aneh, namun seseorang yang memiliki phobia jenis ini akan merasa takut, cemas, gelisah bahkan depresi apabila berada di dekat seorang wanita yang cantik.

Pogonophobia
Pogonophobia adalah jenis ketakutan yang muncul karena melihat jenggot. Penyebabnya adalah sang penderita mempunyai pemikiran negatif bahwa jenggot adalah sesuatu yang acak-acakan dan tidak higienis.

Soceraphonia
Soceraphonia merupakan ketakutan yang konstan dan rasa cemas yang timbul saat bertemu mertua. Kabarnya salah satu vokalis band terkenal, Bon Jovi juga mengidap phobia satu ini.

Eisoptrophobia
Eisoptrophobia adalah ketakutan seseorang akan cermin atau juga takut untuk bercermin. Penderita dari phobia satu ini merasa bahwa cermin merupakan jembatan yang dapat mengantarkan seseorang dari dunia nyata ke dunia gaib sebaliknya.

Anemophobia
Anemophobia adalah jenis phobia atau ketakutan yang sangat membahayakan dan mematikan. Bagaimana tidak, phobia ini adalah rasa ketakutan akan udara dan sebagai manusia normal, udara adalah sumber kehidupan yang dibutuhkan setiap detik, menit, jam, hari, minggu atau kapanpun selama dia masih hidup.

Dan masih banyak lagi jenis Fobia yang bisa di temukan di dunia ini

Article Source1,Source2

1 komentar so far


EmoticonEmoticon