Apr 16, 2016

Fakta Tentang Lagu Pengantar Bunuh diri Gloomy Sunday

Fakta Tentang Lagu Pengantar Bunuh diri Gloomy Sunday - "Gloomy Sunday", juga dikenal sebagai  "Lagu Bunuh Diri Hungaria", adalah lagu yang disusun oleh pianis Hungaria dan komposer Rezső Seress yang di ciptakan dan dirilis pada tahun 1933.


lagu gloomy sunday adalah lagu pengantar bunuh diri
image source : scoopwhoop.com
Lirik asli lagu Gloomy Sunday berjudul vege világnak (dunia ini berakhir) yang bercerita tentang keputusasaan akibat perang.  Tak lama setelah itu, Seorang penulis puisi yang bernama László Jávor menulis lirik versinya sendiri untuk lagu tersebut. Yang di beri Judul Szomorú vasárnap yang berarti "Sabtu Sedih".  Dalam Lirik yang ditulis Javor lagu ini menceritakan tentang keinginan seseorang untuk bunuh diri setelah kepergian kekasihnya, dan lirik dari Javor inilah yang kemudian populer.


Di tahun 1936 lagu ini dirilis dalam versi bahasa inggris dengan menggunakan judul Gloomy Sunday, yang liriknya ditulis oleh Sam M.Lewis, lantas lagu tersebut kembali di nyanyikan oleh Paul Robeson dengan menggunakan Lirik karangan Desmon Carter.

Dan ini lagu Versi Asli Gloomy Sunday (vege világnak)

Ditahun 1941 lagu ini menjadi sangat populer saat dinyanyikan oleh Billie Holliday, dimana lirik yang digunakan adalah lirik dari Sam M Lewis, dimana lirik ini sangat bernuansa frustasi dan juga bunuh diri, selanjutnya Pihak label Rekaman menyebutnya sebagai "Lagu Bunuh diri Hungaria"


Pada era tahun 1930-40an, sejumlah media masa melaporkan setidaknya ada 19 kasus gantung diri yang terjadi di Hungaria dan Amerika Serikat, dan hal ini sangat berkaitan dengan Lagu Gloomy Sunday tersebut.  Walaupun tidak pernah terbukti memiliki kaitan yang erat dengan lagu tersebut.

Dengan kejadian tersebut sejumlah Radio di Amerika Serikat sempat memboikot dan melarang lagu tersebut diputar.  BBC juga sempat melarang lagu ini beredar karena akan menjatuhkan semangat, karena saat itu terjadi perang dunia.  Dan selama lebih dari 66 tahun lagu tersebut menghilang hingga 2002 BBC mencabut larangan tersebut.

lagu gloomy sunday adalah lagu pengantar bunuh diri

Banyak Sejumlah pihak berpendapat bahwa aksi bunuh diri tersebut terjadi karena lagu Gloomy Sunday menjadi hits saat perang sedang berkecamuk. Walaupun sebenarnya yang menjadi penyebab banyaknya kasus bunuh diri adalah karena frustasi terhadap resesi ekonomi dunia yang sedang kacau balau, dan juga kelaparan dan kemiskinan yang terjadi di mana mana.
Dan Ini Versi Asli VideoClip Gloomy Sunday vege világnak
Pada tahun 1968, entah berhubungan atau tidak atau 30 tahun setelah menulis lagu vege világnak, sang komposer pencipta lagu ini Rezső Seress melakukan bunuh diri dengan melompat dari atas jendela apartemennya, sehari setelah merayakan ulang tahunnya yang ke 69 tahun.

gloomy sunday lagu pengantar kematian
image source : scaryforkids.com
Ditahun 1984 lagu Gloomy Sunday kembali menjadi perbincangan saat Ozzy Osbourne di dituntut ke pengadilan oleh orang tua dari remaja yang menembak dirinya sendiri setelah mendengarkan lagu Ozzy Osbourne "Suicide Solution".


Selanjtunya Billy Mackenzie yang merekam ulang lagu Gloomy Sunday di tahun 1982 juga tewas bunuh diri di dekat rumah ayahnya, tersiar kabar bahwa apabila lagu Gloomy Sunday di mainkan tanpa lirik (Instrumental) saja maka pendengarnya akan tertidur berat dan akan mengalami mimpi buruk.  Percaya dengan Lagu Gloomy Sunday, silahkan dengarkan sendiri lagu tersebut versi dari Billie Holiday
source : en.wikipedia.org


EmoticonEmoticon